Sunday, June 19, 2011

Mengatasi sifat Moody

Sebenarnya moody itu apa sih? Moody koesnaedy?he he he itu mah nama artis ya? Saya nggak mau bicara teroy ah…moody itu yang jelas suatu keadaan di mana mood kita itu gampang berubah-ubah sebentar seneng sebentar sedih, sebentar ketawa sebentar menyendiri. Like Pendulum Swing kata Linkin Park :D

Kalau pengusaha moody gimana dunk? Apalagi yang masih pemula banget kaya kita ini bisa kacau dech semuanya, sebentar semangat sebentar eh sebentar lagi loyo.

Kita kan mau sukses jadi kita harus membuat mood stabil, well, I am not going to say “kamu harus stabil 100%” tapi bagaimana sih melawan sifat moody kita ini?

Beberapa keadaan yang kadang membuat kita loyo dan berhenti berusaha.
  1. Saat semangat tinggi kita akan mengerjakan pekerjaan kita dengan semangat, tiba-tiba ada sedikit masalah yang akhirnya membuat kita down? Solusinya? Ingatlah akan pencapaian terbaik yang pernah kita raih selama ini dan bangkitkan semangat dengan membangunkan motivasi  dari dalam diri kita.
  2. Kita sudah berusaha keras, meluangkan waktu untuk mengerjakan bisnis kita, tapi kok hasilnya begini-begini saja? Kok nggak ada peningkatan. Well, kalau kita udah melakukan serangkaian usaha dan do’a tulus masih belum ada perubahan tunggulah, waktunya akan datang pada saat yang tepat nanti. Jangan berhenti karena sebongkah batu besar bisa pecah pada pukulan yang keseratus, kalau berhenti di pukulan ke-99? Sayang banget 98 pukulan yang sudah kita kerjakan. Nggak ada yang sia-sia, konsisten dalam menjalani.
  3. Dulu kalau pas moody lagi kambuh alias down banget, selalu ada yang menyemangati n ngingetin, sekarang tidak ada. Trust me, motivasi paling kuat itu adalah motivasi yang timbul dari dalam diri kita sendiri orang lain sifatnya hanyalah memperkuat, menyemangati dari luar. Motivasi dalam diri kita adalah pondasi  terkuat yang membuat kita tak goyah.
  4. Terkadang menuruti mood yang lagi jelek kita langsung tidak do action alias mandeg karena merasa “ah, tidak dapat rejeki dari sini juga bakal dapat dari yang lain” sifat permissive itu emang harus kita miliki tapi bukan saat mood kita jelek, karena saat mood kita jelek ini bukan sifat permissive lagi melainkan “alasan”
Nggak mau kan dikendalikan oleh sih Pendulum swing ini? Karena kita yang seharusnya memegang kendali si Pendulum Swing ini ;)

Kita akan menjadi boss saat kita bisa mengintrol diri kita sendiri, katanya sih begitu :)

3 comments:

  1. dulu aku orangnya moodyyyyy buangeeet... untung sekarang udah bisa mengendalikan. kalo terus2an moody kasihan juga ama orang2 di sekeliling kita...

    ReplyDelete
  2. Sama loh, saya juga orangnya moody. buat saya, cara paling asyik ngilangin moody adalah dengerin musik trus jejingkrakan, pluus.. makan-makan enak. langsung deeh, itu mood jelek ilang semuanya

    ReplyDelete
  3. wah kejam... Batu dipukul 100 kali sampai pecah.. hehe.. :D
    yg bisa mengendalikan mood kita agar tetap bagus, ya cuma kita sendiri..
    dan ya, kita akan jadi boss saat kita bisa mengontrol diri kita sendiri.. :D

    ReplyDelete

Thanks for your comment ^^